Sabtu, 07 September 2013

Berikut ini manfaat mengunyah permen karet:

- Menyehatkan Usus Besar
Para ahli pernah mengadakan penelitian terhadap dua jenis pasien. Pertama, yang mengunyah permen karet sehari setelah menjalani operasi, selama 45 menit. Kedua, pasien yang melakukan hal sebaliknya.
Ternyata, pasien jenis pertama memroduksi gas lebih sedikit, dan berkurangnya keluhan tidak nyaman setelah operasi, seperti mual atau muntah. Pada akhirnya, pasien jenis pertama ini keluar lebih dulu dari rumah sakit.


Itu artinya, mengunyah permen karena lebih menyehatkan usus besar dan memperbaiki sistem pencernaan. Sebab, mengunyah permen karet memicu produksi ludah dalam mulut yang lebih dan asam di perut untuk mencerna makanan.
- Mengencangkan Kulit Wajah
Pernah dengar yang namanya senam wajah? Senam wajah dilakukan untuk melatih elastisitas kulit dan peredaran darah di wajah. Dan, ternyata, mengunyah permen karet pun, termasuk dalam senam wajah. Sebab, saat mengunyah permen karet, kita menggerakkan otot rahang yang kemudian berlanjut pada gerakan mulut dan bibir. Hasilnya, kulit wajah juga akan lebih kencang.
- Menambah Konsentrasi
Ketika mengunyah permen karet akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga asupan oksigen ke otak pun meningkat, dan Anda mampu berkonsentrasi dengan baik.
- Membersihkan Gigi
Menggosok gigi memang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan oral. Namun ternyata kesehatan gigi juga bisa terbantu dengan mengunyah permen karet setelah menikmati makanan. Dan, tentunya juga akan membuat napas lebih segar.
- Mengurangi Ngemil
Sulit mengurangi makanan makanan kecil atau ngemil, sehingga tidak mampu menjaga berat badan tetap ideal? Coba saja mengunyah permen karet. Sebab, mengunyah permen karet dapat mengurangi kebiasaan ngemil, tanpa menambah berat badan.
- Tingkatkan Kekuatan Otak
Penelitian di tahun 2002 menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat menstimulasi beberapa daerah di otak. Kondisi itu bisa mengurangi stres, serta lebih mudah menyerap dan menyimpan informasi di otak lebih lama.
Penelitian lain yang dilakukan para ahli di Cardiff University mengklaim kalau mengunyah permen karet ampuh meningkatkan performa intelektual seseorang. Sementara itu, studi penelitian terpisah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan memori sebesar 35 persen.
- Meredakan Stres
Penelitian di Coventry University menemukan bahwa mengunyah permen karet mint atau rasa- rasa secara dramatis bisa menurunkan perasaan lelah atau stres. Sebab, mengunyah permen karet membuat kadar hormon kortisol sebagai penyebab stres dalam ludah akan berkurang.
Walaupun aman dan banyak manfaatnya, sebaiknya Anda tetap bijak memilih permen kareat. Sebab, permen karet pasti juga mengandung pemanis, yang bisa berdampak buruk pada gigi. So, ketimbang memilih permen karet biasa yang mengandung sekitar 25 kalori, lebih baik pilih yang bebas gula (hanya sekitar 5 kalori).

0 komentar:

Posting Komentar