Kamis, 17 Oktober 2013

kesehatan gigi

Orang kerap menggosok gigi dengan cara mereka sendiri, yang sebenarnya belum tepat bagi kesehatan gigi. Kadang, cara menggosok yang salah malah bisa menyebabkan gigi seseorang jadi rusak.
Nah, berikut adalah fakta mengenai kegiatan membersihkan gigi yang benar, seperti dilansir oleh Merdeka dari Care2:
  • Dua kali belum cukup
Ada saran dokter yang menyebutkan bahwa menggosok gigi sebaiknya dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Padahal pertumbuhan bakteri dalam mulut bisa lebih kerap terjadi saat siang hari. Jadi, ada baiknya usai makan siang Anda menggosok gigi kembali agar mulut dan gigi tetap sehat.
  • 30 menit usai makan
Jangan langsung membersihkan gigi usai makan. Tunggu dulu sekitar 30 menit, agar kondisi asam dalam mulut dan gigi berkurang dan lubang pada gigi tak terjadi.
  • Benang gigi
Benang gigi yang digunakan di sela-sela gigi bisa menyebabkan fouride yang ada di sana menghilang. Jadi, tak perlu terlalu kerap memakainya agar gigi makin sehat.
  • Sikat kecil lebih baik
Pilih sikat gigi dengan kepala yang kecil, agar bagian belakang gigi terjangkau. Bagian ini sangat rawan menjadi lokasi bersembunyi bagi bakteri.
  • Urutan menggosok
Gosok gigi dari arah atas ke bawah. Mulai dari gigi depan, samping, geraham, dalam gigi, dan lidah. Kebersihan lidah juga perlu diperhatikan, sebagai bagian dari mulut yang sehat.

0 komentar:

Posting Komentar