Sabtu, 12 Oktober 2013


Dengan gaya hidup yang Anda jalani sehari-hari, apakah kebutuhan zat besi Anda sudah mencukupi? Ketika tubuh Anda sering merasa lemah dan lesu, mungkin Anda sedang kekurangan zat besi. Secara umum, zat besi adalah suatu komponen yang mempunyai andil dalam seluruh reaksi kimia dalam tubuh. Zat ini juga sebagai komponen hemoglobin yang memungkinkan sel darah merah membawa oksigen  dan elektron untuk pembentukan energi.
Hal ini adalah salah satu bentuk kekurangan nutrisi yang paling umum terjadi dan bila tidak ditanggulangi akan berpengaruh ke  daya ingat, penurunan sistim kekebalan tubuh, dan anemia. Untuk pria dewasa, kebutuhan zat besi yang diperlukan adalah 40-50 mg zat besi/berat badan. Sedangkan untuk wanita dewasa, kebutuhannya 35-50 mg zat besi/berat badan.
Ini adalah beberapa tanda umum kekurangan zat besi:
1. Kelelahan
Orang yang kekurangan zat besi akan mengalami kelelahan yang dirasa sangat parah setelah beraktivitas. Kelelahan ini sangat parah sehingga terasa sampai tulang ngilu dan susah digerakkan.
2. Sesak Napas
Karena salah satu fungsi zat besi adalah mengangkut oksigen, maka orang dengan defisiensi zat besi akan mudah merasa sesak napas karena kurangnya asupan oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh lain.
3. Sakit Kepala
Serupa dengan sesak napas, sakit kepala kerap terjadi sebagai imbas dari kurangnya aliran oksigen ke otak
4. Amenore
Ini adalah keadaan yang terjadi pada wanita ketika siklus haid menjadi tidak teratur.
Sebelum Anda mengambil obat penambah darah, coba cek asupan makanan Anda. Zat besi banyak terdapat pada daging merah, telur, ikan, unggas, hati, dan tiram. Zat ini juga banyak terdapat pada kacang-kacangan dan sayuran hijau.
Bila Anda mulai merasakan gejala-gejala di atas dan diet makanan Anda miskin zat besi, segera periksakan darah untuk mengetahui tindakan yang tepat dan perkaya makanan yang mengandung zat besi di dalam menu Anda sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar